Cara Rahasia Memasak *Orek tempe sederhana* Menggugah Selara

*Orek tempe sederhana*. Lihat juga resep Tempe tahu orek enak lainnya. Coba saja bikin tempe orek basah. Bahan tempe orek basah hanya tempe kedelai, bumbunya pun simpel.

*Orek tempe sederhana* Bahan-bahan yang dibutuhkan pun terjangkau dan mudah didapat di pasar tradisional. Tempe adalah salah satu bahan makanan yang paling mudah didapat, bergizi, dan murah. Selain itu, semua olahan tempe juga memiliki rasa enak. You can have *Orek tempe sederhana* using 11 ingredients and 3 steps. Here is how you achieve it.

Ingredients of *Orek tempe sederhana*

  1. It’s 3/4 papan of tempe, potong kotak2.
  2. You need 7 of cabe rawit merah.
  3. Prepare 2 of cabe merah keriting.
  4. Prepare 1 of cabe ijo keriting (tambahan sy).
  5. It’s 4 siung of bwg putih.
  6. You need 5 siung of bwg merah.
  7. You need 2 lbr of daun salam.
  8. Prepare 2 ruas of lengkuas.
  9. It’s 2-3 sdm of kecap manis.
  10. You need 1/2 sdt of garam.
  11. Prepare 1/2 sdt of gula pasir.

Salah satunya yaitu resep tempe orek. Olahan tempe dengan kecap dan cabai ini menghasilkan rasa yang gurih manis pedas. Resep cara membuat orek tempe, salah satu menu yang sangat populer di warteg. Selain karena rasanya enak, ternyata buatnya itu juga simpel.

*Orek tempe sederhana* instructions

  1. Siapkan bahan. Iris, cabe dan bawang.goreng tempe yg sudah dipotong kotak2 sampai setengah kering, angkat, sisihkan..
  2. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum, masukkan cabe, daun salam dan lengkuas, aduk dan tumis hingga cabe layu lalu masukkan tempe yg sudah digoreng, kecap, garam dan gula pasir.
  3. Beri sedikit air, aduk rata dan masak hingga air mengering dan bumbunya meresap, cek rasa, angkat. Tuang dala wadah, sajikan sebagai lauk pendamping nasi tumpeng..

Untuk itu daripada kamu selalu membelinya di luar, bisa coba buat sendiri di rumah. Orek tempe basah sudah menjadi menu keseharian yang populer di seluruh Indonesia, dari makan pagi hingga makan malam. Apalagi makanan yang satu ini memang nikmat ketika disajikan dengan menu lokal apapun. Menu klasik ini contohnya hadir di antara lauk-pauk nasi uduk yang dijual tetangga di pagi hari. Beranjak siang, kantin di kantor tidak ketinggalan menyiapkan orek tempe untuk menu nasi ramesnya.