Resep Masakan Roti Unyil Spesial untuk Keluarga

Roti Unyil.

Roti Unyil Anda bisa memasak Roti Unyil Menggunakan 8 Bahan-bahan dan 19 langkah-langkahnya. Begini prosesnya:

Bahan-bahan Roti Unyil

  1. Persiapan 150 ml of air.
  2. Persiapan 1 sdm munjung of fermipan.
  3. Persiapan 3 sdm of minyak sayur.
  4. Persiapan 1 butir of telur.
  5. Persiapan 1 sdm of susu bubuk.
  6. Persiapan 125 g of / 8 sdm munjung tepung cakra.
  7. Persiapan 125 g of / 8 sdm munjung tepung segitiga.
  8. Persiapan of Topping keju, kacang dan meses.

Langkah-Langkah Memasak Roti Unyil

  1. Dalam wadah, masukkan air dan fermipan, aduk hingga fermipan larut dan air berbuih..
  2. Masukkan minyak sayur, lalu aduk merata..
  3. Untuk telur, kocok lepas. Gunakan ½ nya saja. Jadi tang dimasukkan ke adonan ½ dari kocokan 1 butir utuh telur. Sisa kocokannya digunakan untuk olesan. Setelah dimasukkan telur, kocok hingga rata..
  4. Masukkan tepung cakra, tepung segitiga dan susu bubuk. Masih aduk dengan wisk hingga jadi adonan yang menggumpal kasar..
  5. Bila sudah seperti ini, tinggal di mixer saja. Sebenernya biasanya sih saya tidak pakai di mixer, tapi kali ini kok entah kenapa males banget ngulen 🤭.
  6. Mixer dengan speed 2 saja. Kalau menggunakan 3 nanti wadahnya lari 2 🤭🤭 kalau saya sih begitu, entah mommy² dirumah yang mahir pasti bisa punya cara memixer adonan padat dengan tanpa lari² si wadahnya 😚.
  7. Bila sudah kalis, padat dan bagus, bulatkan adonan dan tutup dengan serbet atau penutup panci. Istirahatkan kurang lebih 30 menit / hingga adonan mengembang 2x lipat..
  8. Ini transformasi si adonan dari pertama kali selesai mixer, hasil akhir nya sangat gembul 😚.
  9. Setelah dirasa mengembang maximal, kempeskan adonan dengan tangan, lalu uleni ringan dengan membalik2an adonan. Tidak perlu diuleni kenceng2 yah..
  10. Bila sudah diulen ringan. Pulung² adonan kecil². Sebenernya meski ga kecil² ya tidak masalah 😚😚 tapi berubung judulnya roti unyil ya kudu kecil² 😆 saya timbang 10 g tiap pulungan. Tata rapi dari ujung loyan ke ujung loyong, supaya bisa tahu dimana awal pemulunnya dan untuk adonan yang pertama dipulung pasti akan mengembang lagi duluan..
  11. Setelah selesai dari ujung loyang. Ambil pulungan pertama yang sudah sedikit mengembang lagi. Pipihkan dengan kedua telapak tangan, beri isian keju dipotong balok atau apa saja boleh, atau tidak diisi juga tidak masalah. Lalu satukan sisi kanan kiri dengan cara dicubit..
  12. Lalu sisi atas bawah nya, lalu sisi diagonalnya, sehingga adonan tertutup..
  13. Setelah semua diisi. Diistirahatkan 15 menit saja sudah akan mengembang lagi..
  14. Ini contoh adonan yang sudah dipulung yang sudah diberi isian dan belum diberi isian. Yang belum diisi pasti masih mengembang besar, yang sudah diisi dan sudah dipipihkan akan lebih kecil lagi karena sudah dikempiskan..
  15. Olesi dengan sisa ½dari kocokan yang di awal mengadon..
  16. Beri toping apa saja. Kali ini saya gunakan meses, keju dan kacang. Karena masing² punya kesukaan sendiri² 🙈 si daddy suka kacang, mommy nya keju, dan si dedek selalu suka yang bau² coklat 😚😆.
  17. Setelah diberi topping semua, nyalakan oven dengan api sedang..
  18. Oven dengan estimasi oven masing² yah, karena oven saya otang (oven tangkring) maka saya panggan kurang lebih 30 menit dengan api sedang..
  19. Siap dinikmati 🥰.