Cara Rahasia Menyiapkan Es Buah Labu Siam Menarik

Es Buah Labu Siam. Lihat juga resep Es Lemon Labu siam enak lainnya. Beberapa hari yang lalu baru aja dicurhatin adek yang bingung karena kebun kecil di samping rumahnya panen labu siam melimpah, sudah rata dibagi ke tetangga, bosan dimasak sendiri, ga tau musti di buat apa lagi, saya bilang supaya bagi" ke tetangganya dalam bentuk makanan. Resep Es Buah Labu Siam (tanpa kapur sirih).

Es Buah Labu Siam Bengkuang yang gak punya, aku ganti pake Labu Siam aja. Plus punya Nata de Coco kawe. 👏 Hmm, baru ngebayangin aja udah ngencess. Syegerrr!! 😍 Buah labu siam di kabarkan bisa menormalkan darah tinggi dan kolesterol disamping rasanya enak bikin nya juga gampang banget semoga bermanfaat ya bunda kali aja ada yg lagi mengalami darah tinggi dan kolesterol bagus juga untuk pencernaan karna aku sendiri udah coba dan alhamdulillah darah ting. You can cook Es Buah Labu Siam using 5 ingredients and 5 steps. Here is how you achieve that.

Ingredients of Es Buah Labu Siam

  1. It’s 3 buah of Labu Siam yang tua dan keras, ukuran sedang.
  2. It’s 500 gr of gula pasir.
  3. You need 3 of jenis pewarna makanan.
  4. Prepare 2 buah of jeruk nipis.
  5. You need secukupnya of Es batu.

Labu siam sering sekali dijadikan sayur. Tapi, sebenarnya labu bukan termasuk sayuran, melainkan buah. Daging labu siam memiliki tekstur yang keras. Tapi, jika sudah direbus, teksturnya akan berubah menjadi lembut.

Es Buah Labu Siam step by step

  1. Siapkan bahan. Sebelum Labu Siam di kupas, belah jadi 2, gosokkan dengan cara diputar ke 2 bagian belahan tadi untuk mengeluarkan getah, diamkan sebentar, baru kupas dan cuci bersih (bila labu agak muda, bisa direndam dalam air kapur sirih selama 1-2 jam sampai labu mengeras, kemudian dibilas, baru dimasak).
  2. Potong-potong atau bentuk sesuai selera (saya: bentuk bulat menggunakan sendok cetakan buah).
  3. Bagi buah yang sudah dibentuk menjadi 3 bagian. Masukkan dalam panci berbeda, beri masing-masing 3 sdm gula pasir, 250 ml air dan 1/2 sdt pewarna makanan, aduk rata. Rebus setiap bagian sampai mendidih dan gula larut, diamkan hingga dingin dan warna meresap pada buah.
  4. Sementara itu rebus gula pasir yang tersisa (+/- 250 gr) dengan 400 ml air, didih kan hingga gula larut, bila air gula sudah dingin bisa diberi 1-2 sdm (sesuai selera) perasan air jeruk nipis.
  5. Masukkan buah kedalam gelas saji, beri es batu dan tuangi air gula, siap dihidangkan.

Soal rasa, labu siam cenderung tawar sehingga cocok dijadikan sajian gurih atau manis. Labu siam sering diolah menjadi sayur bening. Labu siam atau nama saintifiknya Sechium edule merupakan sejenis tumbuhan menjalar, sebenarnya bukan berasal dari Siam atau Thailand sebaliknya dikatakan berasal dari Amerika Tengah dan kemudian dibawa oleh orang Belanda ke seleuruh dunia. Terdapat dua jenis labu siam yang diketahui iaitu berkulit licin dan yang berduri kecil. Jakarta – Labu siam kerap dijadikan lalapan segar dengan paduan sambal.